Ilustrasi sederhana cara kerja komputer :
Untuk memahami cara kerja bahasa Assembly, Berikut ini akan dijelaskan tahapan-tahapan bagaimana sebuah huruf “A” bisa tampil di layar monitor menggunakan bahasa Assembly :
- Microprocessor mengisi register di internal mikroprosesor dengan kode ascii “A”, yaitu 41h.
- Microprocessor mengirim sinyal interrupt 21h. Akibatnya interupsi 21h dijalankan. Yaitu mengirimkan “A” ke monitor.
- Microprocessor mengirimkan sinyal interupt 20h tanda sudah selesai.
- Interupsi adalah suatu permintaan khusus kepada mikroprosesor untuk melakukan sesuatu. Bila terjadi interupsi, maka komputer akan menghentikan dahulu apa yang sedang dikerjakannya dan melakukan apa yang diminta oleh yang menginterupsi.
- Register merupakan sebagian memori yang ada di dalam mikroprosesor itu sendiri, yang dapat diakses dengan kecepatan yang sangat tinggi. Dalam melakukan pekerjaannya mikroprosesor selalu menggunakan register-register sebagai perantaranya, jadi register dapat diibaratkan sebagai kaki dan tangannya mikroprosesor.
Contoh Program :
Dibawah ini adalah contoh program bahasa assembly untuk menampilkan huruf “A” :.model small .code org 100h mulai: mov ah,02h mov dl,41h int 21h int 20h end mulaiTulis kode di atas menggunakan notepad kemudian simpan dengan ekstensi *.asm misalnya saja kita beri nama hurufA.asm. Untuk memudahkan proses kompilasi, simpan di “C:\ASM\” . Taruh juga file tasm.exe dan tlink.exe di folder tersebut untuk mengkompilasi dan menjalankan program yang telah dibuat tadi.
(Catatan: Turbo Assembler (tasm) hanya dapat berjalan di sistem operasi 32 bit)
Setelah file hurufA.asm disimpan, bukalah CMD dan masukkan perintah berikut ini :
cd\ cd asm tasm hurufa tlink /t hurufaKurang lebih hasilnya seperti ini :
Jika tidak muncul error atau Error: None berarti program telah berjalan dengan semestinya dan akan menampilkan sebuah huruf “A”. Panjang juga ya codingnya tapi yang muncul cuma satu huruf
Contoh Program Kedua :
Masukkan coding berikut ini :.model small .code org 100h mulai: mov ah,02h mov dl,42h int 21h int 20h end mulaiSimpan kemudian compile dan jalankan seperti pada contoh program pertama. Apa yang tampak di layar?
Contoh Program Ketiga :
Masukkan coding berikut ini :.model small .code org 100h mulai: mov ah,02h mov dl,'A' int 21h int 20h end mulaiSimpan kemudian compile dan jalankan seperti pada contoh program pertama. Apa yang tampak di layar? Lalu apa perbedaan dengan program yang pertama?
Pada program pertama, untuk mencetak huruf A di layar menggunakan “MOV DL,41h”. 41h adalah sebuah bilangan hexadesimal yang mempunya nilai A. Sedangkan pada program ketiga menggunakan MOV DL,’A’. Yaitu langsung mencetak karakter sesuai aslinya dengan syarat harus menggunakan tanda kutip di antara karakter yang akan dicetak.
sekian post dari saya, apabila ada pertanyaan, kritik, saran, dan
masukkan silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan
atau CONTACT ME!!!
terimakasih atas kunjungan nya, silahkan berkunjung kembali lain waktu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar